DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP EMOTIONAL LABOR PADA GENERASI Z
PENGARANG:IDA RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-31


ABSTRAK

 

Ida Rahmawati, 2023. Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Emotional Labor Pada Generasi Z Pembimbing: (1) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi, M.Pd (2) Dr. Ririanti Rachmayanie J., S. Psi, M. Pd.

Kata Kunci: Pola Asuh Demokratis, Emotional Labor, Mahasiswa.

 

Generasi Z adalah generasi yang lahir  pada tahun 1995-2010 yang saat ini tumbuh sebagai remaja, pada saat ini mereka memerlukan sekali adanya pengontrolan emosi atau disebutemotional labor. Lingkungan keluarga memegang peran penting dalam membentuk emotional anak. Pola asuh orang tua terutama pola asuh demokratis dapat memberikan pengaruh terhadap emotional anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pola asuh demokratis terhadap emotionallabor pada mahasiswa jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin angkatan 2019 .

Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Penelitian dilakukan pada Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin angkatan 2019 dengan alat pengumpul data berupa angket skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan regresi linear sederhana dengan populasi sebanyak 583 Mahasiswa. Peneliti mengambil teknik penarikan random sampling dan didapatkan 205 sampel.

 Adapun hasil dari penelitian, yaitu nilai signifikansi untuk pengaruh pola asuh demokratis (X) terhadap emotional labor  (Y) adalah sebesar  0,001 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh pola asuh demokratis terhadap emotional labor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh demokratis terhadap emotional labor pada mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin angkatan 2019. Saran bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat menambah variabel lain supaya hasilnya dapat terdefinisi dengan sempurna.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI