DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Panduan Praktikum Autentik Titrasi Asam Basa Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik
PENGARANG:MAISUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-01


Rendahnya literasi sains peserta didik akan berdampak pada kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dan perannya pada perkembangan IPTEK dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan praktikum autentik titrasi asam basa berbasis inquiry untuk meningkatkan literasi sains peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan 4D. Subjek dalam penelitian ini yaitu validator dan peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 3 Banjarmasin sebanyak 42 orang pada uji coba perorangan, kelompok kecil, dan uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi awal, validasi, keterbacaan, respon peserta didik dan guru, lembar observasi kompetensi guru menggunakan panduan praktikum dan mengelola kelas, serta tes hasil literasi sains. Hasil analisis validitas dari validator menunjukkan panduan praktikum yang dikembangkan sangat valid. Kepraktisan pada uji coba perorangan, kelompok kecil, dan uji coba terbatas menunjukkan panduan praktikum yang dikembangkan praktis. Keefektifan pada uji coba terbatas menunjukkan panduan praktikum yang dikembangkan efektif dengan hasil N-gain kategori tinggi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa panduan praktikum autentik layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran titrasi asam basa.

Kata kunci: inquiry, literasi sains, panduan praktikum autentik, titrasi asam basa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI