DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI BERGANDA(STUDI KASUS DI SMPN 33 BANJARMASIN)
PENGARANG:MUHAMMAD YUSRIL WIDODO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-01


Dampak dari adanya pandemi Covid-19 yang terjadi dari Tahun 2019-2021 telah memberikan dampak dibanyak sektor, salah satunya sektor pendidikan. Dengan adanya pandemi tersebut membuat pembelajaran menjadi berlangsung online yang mungkin bagi siswa SMP bukan merupakan hal yang efektif sehingga memberikan dampak pada nilai akhir belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan estimasi parameter dari model regresi linier berganda yang terbentuk pada analisis pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa SMPN 33 Banjarmasin di masa pandemiCovid-19, dan menjelaskan faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMPN 33 Banjarmasin di masa pandemiCovid-19. Penelitian ini menggunakan variabel independen media pembelajaran dan metode mengajar guru sedangkan variabel dependennya menggunakan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa di SMPN 33 Banjarmasin dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Analisis dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi yang didapatkan adalah Y-topi=48,878+0,008X1+0,437X2. Adapun secara parsial dengan menggunakan taraf nyata 5% diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa SMPN 33 Banjarmasin pada masa pandemi covid-19. Hasil lainnya yang ditunjukkan berdasarkan pengujian hipotesis variabel yang paling memiliki pengaruh yaitu variabel metode mengajar guru. Variabel metode mengajar guru (x1) memiliki kontribusi relatif yang paling besar daripada variabel media pembelajaran (x2)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI