DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Persatuan Pemuda Marabahan (PPM) DI Rumah Bulat Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:TOTA DORADA OKTAVIA SIHOTANG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-03


Persatuan Pemuda Marabahan (PPM) merupakan organisasi pergerakan untuk melawan penjajah cabang Marabahan kemudian di bentuk pada tanggal 1 Maret 1929. Segala aktivitas yang dilakukan oleh PPM ini berada di Rumah Bulat. Rumah Bulat merupakan bangunan dari Cagar Budaya yang telah ditetapkan oleh provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2011. Akan tetapi sangat disayangkan masih sangat minim dipergunakan sebagai sumber belajar dan wisata edukasi bagi peserta didik.

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui deskripsi Rumah Bulat, (2) mengetahui aktivitas Persatuan Pemuda Marabahan di Rumah Bulat, (3) untuk mengetahui aktivitas Persatuan Pemuda Marabahandi Rumah Bulat sebagai sumber belajar IPS.

Adapun metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif-historis karena penelitian ini berdasarkan sejarah yang terjadi di Rumah Bulat dan dipaparkan dalam bentuk deskripsi. Sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan studi literatur, wawancara informan dan studi dokumentasi pada tanggal 22 Februari – 06 Juni 2023.

Hasil dari penelitian ini menyatakan Bahwa Rumah Bulat merupakan tempat terbentuknya tekad bulat untuk menanamkan rasa nasionalisme dan nilai kebangsaan oleh Persatuan Pemuda Marabahan. Setelah terbentuknya organisasi Persatuan Pemuda Marabahan (PPM) melakukan berbagai kegiatan diantaranya: Taman Bacaan (Het Lessgezelschap) dengan nama Family Bond. Setelah adanya Taman Baca kemudian terciptalah Taman Siswa cabang Marabahan atau Particuliere Hollands Inlandse School, kemudian pelaksanaan Kongres Sarekat Kalimantan (SK) yang pertama, setelah itu Rumah Bulat dijadikan sebagai tempat rapat dalam membuat strategi pemberontakan oleh Barisan Pemberontakan Rakyat Indonesia (BPRI) dan yang terakhir rumah bulat dijadikan pelaksanaan rapat, yang membahas daerah Marabahan dijadikan menjadi daerah otonom yaitu menjadi Kabupaten Barito Kuala.

Simpulan dari penelitian ini aktivitas Persatuan Pemuda Marabahan di Rumah Bulat oleh Persatuan Pemuda Marabahan (PPM) bisa dijadikan sebagai sumber belajar berdasarkan buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTS kurikulum 2013 edisi 2017, pada materi tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan. Hal ini dapat dikaitkan dengan aktivitas Persatuan Pemuda Marabahan (PPM) di Rumah Bulat menciptakan rasa nasionalisme untuk kemerdekaan Indonesia.

Kata Kunci: Rumah Bulat, Persatuan Pemuda Marabahan, Sumber Belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI