DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM KERJASAMA ANAK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NOR PARIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-04


Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan aspek sosial emosional dalam kerjasama anak. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran kurang bervariatif dan kegiatan pembelajaran sering dilakukan secara individu yaitu dengan cara memberikan anak lembar kerja yang harus ia selesaikan sendiri salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dan permainan tradisional untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan sosial emosional anak dalam kerjasama.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 3 kali pertemuan, setting penelitian ini pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan sosial emosional anak. Analisis data menggunakan teknik distribusi, frekuensi, persentase dan deskripsi. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas anak mencapai kriteria sangat aktif dan hasil perkembangan sosial emosional dalam kerjasama anak berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan sosial emosional dalam kerjasama anak menggunakan model project based learning dan permainan tradisional pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin berkembang sangat baik. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam pengembangan sosial emosional anak dalam kerjasama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI