DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS BELAJAR DAN ASPEK BAHASA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION, MAKE A MATCH, DENGAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KRISTEN BETLEHEM
PENGARANG:DESTIRIA MAHARANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-04


Persoalan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas belajar serta aspek bahasa dalam mengenal keaksaraan awal yang masih belum berkembang. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik, pembelajaran bersifat satu arah, dan abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi belajar, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan aspek bahasa dalam mengenal keaksaraan awal anak. Dalam penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan juga jenis dalam penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas dilakukan dengan 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di TK Kristen Betlehem pada kelompok B berjumlah 19 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis menggunakan analisis deskripsi dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil temuan menunjukkan aktivitas guru, motivasi, aktivitas anak dan perkembangan bahasa anak mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pertemuan 3 aktivitas guru mendapatkan kategori sangat baik, motivasi anak secara klasikal mencapai kategori seluruh anak termotivasi, aktivitas anak secara klasikal mencapai kategori seluruhnya aktif, begitu juga dengan hasil perkembangan bahasa anak mencapai kategori seluruhnya berkembang. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI