DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MEMAKSIMALKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM HEADS REVIEW HORAY MUATAN PPKn DI SDIT SULLAMUL 'ULUM GAMBUT
PENGARANG:MAULIDIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-04


Maulidia. 2023. Memaksimalkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Problem Heads Review Horay Muatan PPKn di SDIT Sullamul ‘Ulum Gambut. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univeritas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Makna Nilai-nilai Pancasila, Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Course Review Horay

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu siswa masih kurang memahami materi pelajaran PPKn, siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan siswa juga kurang mampu menyelesaikan soal-soal berbasis masalah. Penyebabnya dikarenakan kurangnya pengimplementasian strategi, metode, model, dan media pembelajaran, serta siswa cenderung pasif karena pembelajaran dilakukan hanya satu arah. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, Numbered Heads Together, dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi makna nilai-nilai Pancasila di kelas IVB SDIT Sullamul ‘Ulum Gambut.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SDIT Sullamul ‘Ulum Gambut pada siswa kelas IVB dengan berjumlahkan 16 orang siswa tahun ajaran 2022/2023. Jenis data pada penelitian ini, yaitu data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis yang diperoleh, serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan dari skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang sudah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 sampai 4 mencapai kriteria “Kritis”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 telah mencapai ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Heads Review Horay dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar PPKn materi makna nilai-nilai Pancasila di kelas IVB SDIT Sullamul ‘Ulum Gambut. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu penggunaan model tersebut dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki proses pembelajaran guna meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa pada materi makna nilai-nilai Pancasila ataupun pada materi pembelajaran lainnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI