DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PBL KOMBINASI DENGAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SERTA HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIKLUS AIR KELAS 5 SDN KELAYAN SELATAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:ERVINA FEBRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-05


Kata Kunci: Aktivitas, Berpikir Kritis, PBL, TPACK, Video Pembelajaran

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa Kelas 5 SDN Kelayan Selatan 6 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran hanya berlangsung satu arah, guru hanya menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran berlangsung, siswa tidak dihadapkan dengan permasalahan dan pembelajaran belum menerapkan strategi yang tepat dan bervariasi sesuai dengan kondisi siswa yang tentunya hal ini berdampak pada rendahnya aktivitas, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada muatan IPA materi siklus air Kelas 5 SDN Kelayan Selatan 6. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas, kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa Kelas 5 dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi.

Hasil belajar siswa diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan pada tabel dan grafik dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapat skor 25, pertemuan 2 mendapat skor 26 dan pertemuan 3 mendapat skor 30. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 73%, pertemuan 2 memperoleh persentase 80% dan pada pertemuan 3 memperoleh persentase 93%. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai persentase 20%, pertemuan 2 memperoleh persentase 40% dan pada pertemuan 3 memperoleh persentase 80%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru melakukan pembelajaran telah terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran telah terlaksana dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi siklus air mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan hasil belajar. Disarankan bagi guru sebagai pertimbangan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, siswa dapat meningkatkan gaya belajar dan hasil belajar, kepala sekolah sebagai masukan pembinaan guru dan peneliti selanjutnya untuk bahan referensi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI