DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PELITA PADA SISWA KELAS IV SDN JURAN TABALONG
PENGARANG:MUHAMMAD RISAL HIRPINDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-05


ABSTRAK

Hirpindi, Muhammad Risal. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman dan Hasil Belajar Menggunakan Model PELITA Pada Siswa Kelas IV SDN Juran Tabalong. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Guru, Membaca Pemahaman, PELITA

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan membaca pemahaman siswa, dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Juran Tabalong yang disebabkan oleh pembelajaran yang tidak sepenuhnya berpusat pada siswa, pembelajaran motonon dan kurang menyenangkan, serta kegiatan membaca yang belum terlaksana secara optimal. Oleh karena itu, alternatif untuk penyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model PELITA dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis peningkatan keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Juran Tabalong dengan jumlah 19 siswa. Data dianalisis berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman, dan hasil belajar siswa dengan teknik deskriptif, digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, diinterpretasikan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru yang meningkat memperoleh skor 34 dengan kriteria sangat baik. Pada aktivitas siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan mencapai 100% dengan kriteria sangat aktif. Pada keterampilan membaca pemahaman siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu 100% dengan kriteria sangat terampil. Hasil belajar kognitif siswa meningkat mencapai 100% dengan kriteria tuntas . Hasil belajar afektif siswa meningkat mencapai 100% dengan kriteria tuntas. Hasil belajar psikomotorik meningkat mencapai 100% dengan kriteria tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan Model PELITA dapat meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di Kelas IV SDN Juran. Disarankan jika menggunakan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI