DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING,GROUP INVESTIGATION,DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN ASAM PAUH
PENGARANG:MUHAMMAD SYAIFI AL RIDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-05


ABSTRAK

Ridani, Muhammad Syaifi Al. 2023. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Problem Based Learning dikombinasi Group Investigation, Dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Asam Pauh. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Wahdah Refia Rafianti., S.Sn., M.Pd

Kata Kunci : Problem Based Learning, Group Investigation, Snowball Throwing, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

     Problematika yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, kemudian siswa tidak mengemukakan pendapat pada kegiatan diskusi. Kondisi ini menyebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam belajar sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Problem Based Learning dikombinasi Group Investigation, Dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Asam Pauh.

     Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 pertemuan. Sekolah yang dijadikan lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar yang berada pada di lingkungan UPT Kecamatan Kelua. Siswa yang terdapat pada kelas V adalah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes tertulis.

      Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru yang semula pada pertemuan pertama hanya mendapatkan skor 23 persentase 63,4% dan pada pertemuan 2 skor 25 dengan persentase 69,4%. aktivitas guru pada pertemuan 3 mendapatkan skor 30 persentase 83,3% dan pada pertemuan 4 mendapatkan skor 34 dengan persentase 94,45%. Pada aktivitas siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan, dapat dilihat dari persentase pada pertemuan pertama yaitu sebesar 45,45% kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan 2 dengan persentase 68,18% dan pertemuan 3 meningkat lagi menjadi 90,90% serta pada pertemuan 4 meningkat dengan persentase 100%. Dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Dapat dilihat pada pertemuan pertama siswa yang tuntas hanya 63.2%, pertemuan 2 hanya 73,6%, pertemuan 3 presentase 89,4% kemudian pertemuan 4 mendapat persentase 100% yang mana seluruh siswa tuntas dalam hasil belajar.

     Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan Model Problem Based Learning dikombinasi Group Investigation, Dan Snowball Throwing dapat meningkatkan Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, dan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN Asam Pauh. Disarankan jika menggunakan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI