DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENIRU GERAKAN SHALAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INTRUCTION, TALKING STICK DAN MEDIA KARPET PINTAR PADA KELOMPOK B1 TK ANANDA KAB TAPIN
PENGARANG:SRI ASTUTI NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-05


 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan nilai agama dan moral pada anak kelompok B1 dalam meniru gerakan shalat dengan benar. Hal ini disebabkan penyampaian pembelajaran yang terlalu monoton membuat anak menjadi bosan dan tidak fokus sehingga anak kurang tertarik pada kegiatan pembelajaran. Dampak jika hal tersebut dibiarkan anak akan kesulitan untuk melakukan kegiatan beribadah dalam rangka menjalankan perintah Allah SWT. Upaya yang dilakukan adalah menggunakan Kombinasi Model Explicit Intruction, Talking Stick dan Media Karpet Pintar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak khususnya alam meniru gerakan shalat.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Ananda Kab Tapin yang berjumlah 13 orang (6 laki-laki dan 7 perempuan). Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambil ketika proses pembelajaran berlangsung. Pada penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan penilaian aspek perkembangan nilai agama dan moral.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh kategori baik dengan persentase 71,4% meningkat pada pertemuan 4 memperoleh kategori sangat baik dengan persentase 92,9%. Aktivitas anak pada pertemuan 1 memperoleh kategori kurang aktif dengan persentase 30,77% meningkat pada pertemuan 4 memperoleh kategori sangat aktif dengan presentase 84,62%. Dan hasil perkembangan nilai agama dan  moral anak dalam meniru gerakan shalat pada pertemuan 1 kategori anak yang berhasil berkembang sebanyak 30,77% meningkat pada pertemuan 4 anak yang berhasil berkembang dengan persentase 92,31%.

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Explicit Intruction, Talking Stick dan Media Karpet Pintar dalam mengembangkan aspek nilai agama dan moral khususnya dalam meniru gerakan shalat kelompok B1 TK Ananda Kab Tapin dapat dikembangkan secara optimal dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI