DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA MENCERITAKAN KEMBALI DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN TALKING STICK MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD BUDI BAKTI KAB.BATOLA | |
PENGARANG | : | DIANA NURHANIFAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-09-05 |
Nurhanifah, Diana . 2023. Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa Menceritakan
Kembali Dengan Model Direct Instruction Dan Talking Stick
Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B Di Paud
Budi Bakti Kab.Batola S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Ali
Rachman, M.Pd
Kata kunci : Bahasa Anak, Direct Instruction, Talking Stick, Boneka Tangan
Permasalahannya anak Kelompok B di TK Budi Bakti Kab.Batola masih
kurangnya kemampuan dalam menceritakan kembali yang telah diceritakan guru
kepada anak. Penyebabnya adalah kurang adanya metode dan model pembelajaran
yang tepat sehingga anak menjadi kurang berkembang dalam aspek berbahasa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Metode Bercerita
dengan Model Direct Instruction dan Talking Stick Dengan Media Boneka
Tangan Dalam Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa Menceritakan Kembali
Kelompok B TK Budi Bakti Kab.Batola.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 7 orang anak.
Instrumen yang digunakan observasi dan tes kepada anak. Jenis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, melalui observasi aktivitas guru
dan anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 ,
2, dan3 mencapai indikator keberhasilan guru mencapai skor nilai 25 poin dengan
kategori sangat baik terlaksana. Aktivitas Anak pada pertemuan 1, 2 dan 3
mencapai persentase 100% dengan kriteria anak sangat aktif. Hasil perkembangan
Bahasa pada pertemuan 1, 2, dan 3 mencapai persentase 100% denga kriteria
Berkembang Sangat Baik. Hasil kesimpulan hipotesis dapat diketahui dengan
menggunakan metode bercerita dengan model kombinasi Direct Instruction dan
Talking stick pada anak kelompok B TK Budi Bakti Kab.Batola dapat
meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam belajar bahasa
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan , dapat disimpulkan bahwa
metode bercerita dengan kombinasi model Direct Instruction dan Talking Stick
dengan media boneka tangan pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat
meningkatkan kualitas guru,aktivitas anak, dan perkembangan bahasa khususnya
dalam menceritakan kembali.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI