DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA MENCERITAKAN KEMBALI DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN TALKING STICK MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD BUDI BAKTI KAB.BATOLA
PENGARANG:DIANA NURHANIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-05


Nurhanifah, Diana . 2023. Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa Menceritakan 

Kembali Dengan Model Direct Instruction Dan Talking Stick 

Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B Di Paud 

Budi Bakti Kab.Batola S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Ali 

Rachman, M.Pd

Kata kunci : Bahasa Anak, Direct Instruction, Talking Stick, Boneka Tangan

Permasalahannya anak Kelompok B di TK Budi Bakti Kab.Batola masih 

kurangnya kemampuan dalam menceritakan kembali yang telah diceritakan guru

kepada anak. Penyebabnya adalah kurang adanya metode dan model pembelajaran

yang tepat sehingga anak menjadi kurang berkembang dalam aspek berbahasa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Metode Bercerita

dengan Model Direct Instruction dan Talking Stick Dengan Media Boneka 

Tangan Dalam Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa Menceritakan Kembali 

Kelompok B TK Budi Bakti Kab.Batola.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode 

penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 7 orang anak. 

Instrumen yang digunakan observasi dan tes kepada anak. Jenis data dalam 

penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, melalui observasi aktivitas guru 

dan anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 , 

2, dan3 mencapai indikator keberhasilan guru mencapai skor nilai 25 poin dengan 

kategori sangat baik terlaksana. Aktivitas Anak pada pertemuan 1, 2 dan 3

mencapai persentase 100% dengan kriteria anak sangat aktif. Hasil perkembangan 

Bahasa pada pertemuan 1, 2, dan 3 mencapai persentase 100% denga kriteria 

Berkembang Sangat Baik. Hasil kesimpulan hipotesis dapat diketahui dengan 

menggunakan metode bercerita dengan model kombinasi Direct Instruction dan 

Talking stick pada anak kelompok B TK Budi Bakti Kab.Batola dapat 

meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam belajar bahasa

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan , dapat disimpulkan bahwa 

metode bercerita dengan kombinasi model Direct Instruction dan Talking Stick

dengan media boneka tangan pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu 

alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat 

meningkatkan kualitas guru,aktivitas anak, dan perkembangan bahasa khususnya 

dalam menceritakan kembali.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI