DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Multi Situs Pada SLB-C Negeri Pembina Prov.Kalsel dan SLB Negeri Kota Banjarbaru)
PENGARANG:HASAN BASRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-05


ABSTRAK

 

Basri, Hasan. 2023. Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran bagi AnakBerkebutuhan Khusus (Studi Multi Situs di SLB-C Negeri Pembina Provinsi kalimantan Selatan dan SLB Negeri Kota Banjarbaru). Tesis, Program Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D; (II) Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: Strategi Peningkatan Mutu, Pembelajaran, Anak Berkebutuhan

      Khusus

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di Indonesia dimana pemerataan layanan pendidikan tidak berjalan dengan maksimal. Terdapat golongan terpinggirkan yaitu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), mereka merasa kesulitan untuk mendapatkan akses layanan pendidikan karena keterbatasan yang mereka miliki. Kemudian dengan kemunculannya sekolah luar biasa merupakan menjadi suatu upaya pemerataan pendidikan sekaligus menjadi alternatif lain dari model segregasi atau biasa dikenal dengan sekolah luar biasa yang dalam pelaksanaanya terpisah dari sistem pendidikan anak normal.

Fokus penelitian: (1) Bagaimana pendekatan yang dilaksanakan dalam meningkatkan mutu pembelajaran bagi ABK di SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan dan SLB Negeri Kota Banjarbaru?; (2) Bagaimana metode yang digunakan dalam meningkatkan mutu pembelajaran bagi ABK di SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan dan SLB Negeri Kota Banjarbaru?; (3) Bagaimana pengendalian mutu pembelajaran bagi ABK di SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan dan SLB Negeri Kota Banjarbaru?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut diperiksa dan dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Kemudian data dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas situs.

Hasil penelitian menemukan bahwa: : (1) Pendekatan yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Adapun pendekatan peningkatan mutu pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus adalah dengan menggunakan pendekatan kecerdasan, pendekatan pembiasaan, pendekatan individual, pendekatan keteladanan, dan pendekatan fungsional. (2) Metode peningkatan mutu pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan anak itu sendiri yaitu dengan cara: metode demonstrasi, metode latihan, metode karya wisata dan metode prompts. (3) Pengendalian mutu pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dilakukan dengan cara melakukan pengendalian pendahuluan atau feedforward control, pengendalian saat pelaksanaan atau disebut concurrent control, dan pengendalian timbal balik atau feedback control.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI