DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMKN 1 BANJARBARU
PENGARANG:ALIFIA LAIMA OGE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-06


Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan tingkat pengaruh antara kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XII di SMKN 1 Banjarbaru. Kondisi ini dilatar belakangi berdasarkan temuan di sekolah yaitu beberapa siswa tidak yakin dengan kemampuannya untuk bersaing di dunia kerja. Persaingan yang begitu ketat di dunia kerja membuat kepercayaan diri siswa rendah dan tidak yakin pada keterampilan yang dimiliki.

 

Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Variabel penelitian terdiri dari variabel terikat (Y) kesiapan kerja dan variabel bebas (X) kepercayaan diri. Populasi dari penelitian ini 334 siswa dan sampel berjumlah 100 siswa yang diambil menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dari 2 variabel. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan hasil penelitianya itu tingkat pengaruh kepercayaan diri (X) terhadap kesiapan kerja (Y) pada siswa kelas XII di SMKN 1 Banjarbaru adalah sebesar  63,4%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh antara kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XII di SMKN 1 Banjarbaru sebesar 63,4%. Saran penelitian bagi siswa diharapkan mempertahankan rasa percaya diri yang telah dimiliki untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja, bagi guru diharapkan untuk tetap memperhatikan dan memaksimalkan kepercayaan diri siswa, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mempertimbangkan faktor – faktor lain yang mungkin berpengaruh kepercayaan diri terhadap kesiapan kerja.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI