DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KONSEP DIRI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI MELALUI KEPUASAN KERJA GURU DI SMA SE-KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:RINI DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-06


 

ABSTRAK

 

 

 

 

Damayanti, Rini. 2023. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Konsep Diri terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja Guru di SMA Se-Kecamatan Banjarmasin Utara. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I): Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D, dan (II): Dr. Hj. Mahrita.

 

Kata Kunci Supervisi Kepala Sekolah, Konsep Diri, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi Guru.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi melalui studi pendahuluan ditemukan masih belum optimalnya komitmen organisasi guru di SMA Se-Kecamatan Banjarmasin Utara. Komitmen organisasi guru merupakan kesediaan sikap seorang guru untuk tetap berada pada organisasi dengan mempertahankan hubungan dirinya dengan tujuan, nilai, dan kewajibannya yang dilakukan dengan baik dan penuh keikhlasan. Untuk merespon permasalahan tersebut maka peneliti terdorong melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung supervisi kepala sekolah, konsep diri, dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi guru di SMA Se-Kecamatan Banjarmasin Utara.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMA Se-Kecamatan Banjarmasin Utara sebanyak 229 orang dengan sampel sebanyak 146 orang ditentukan menggunakan Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa supervisi kepala sekolah, konsep diri, kepuasan kerja dan komitmen organisasi dalam klasifikasi tinggi. Terdapat pengaruh langsung supervisi kepala sekolah terhadap komitmen organisasi  sebesar 0,119, konsep diri terhadap komitmen organisasi sebesar 0,164, kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi sebesar 0,706, supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja sebesar 0,622, dan konsep diri terhadap kepuasan kerja sebesar 0,323. Selain itu juga didapatkan pengaruh tidak langsung supervisi kepala sekolah terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja sebesar 0,303 dan konsep diri terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja sebesar 0,213.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada para kepala sekolah di SMA Se-Kecamatan Banjarmasin Utara agar meningkatkan supervisinya terutama dalam membantu guru dalam pelaksanaan dan pembimbingan. Sedangkan kepada para guru disarankan agar meningkatkan persepsi tentang ideal dirinya sesuai dengan apa yang dicita-citakan, menciptakan kondisi kerja yang dapat mendukung kepuasan kerja, dan meningkatkan komitmen berkelanjutan untuk tetap bertahan pada sekolah tempatnya bekerja sekarang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI