DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BERBASIS PERKEMBANGAN OTAK PADA ANAK USIA DINI (STUDI MULTI SITUS DI PAUD ISLAM TERPADU Al FIRDAUS DAN PAUD ISLAM TERPADU PERMATA JANNATI BANJARMASIN
PENGARANG:INDRI SEPTIA NURDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-07


ABSTRAK

Indri    Septia Nurdina 2023. Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis      Perkembangan Otak pada Anak Usia Dini (Studi Multi Situs di PAUD Islam             Terpadu Al-Firdaus dan PAUD Islam Terpadu Permata Jannati             Banjarmasin). Tesis Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.          Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. (2) Prof. Drs. Ahmad       Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Al-Qur’an, Perkembangan otak, Anak Usia Dini.

 

            Penelitian ini berfokus dengan strategi yang dilakukan untuk membimbing anak dalam menghafal Al-Qur’an melalui peran guru, kemitraan dalam pembelajaran tahfizh Qur’an, sarana prasarana dalam pembelajaran menghafal Qur’an serta kebijakan kepala sekolah dalam program menghafal Qur’an.

            Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif desain multi situs dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data melalui dua tahapan yaitu analisis data situs dan analisis data lintas situs dengan penelitian dilakukan di PAUD Islam Terpadu Al-Firdaus dan PAUD Islam Terpadu Permata Jannati Banjarmasin.

            Hasil penelitian yang diperoleh mengenai strategi pembelajaran Al-Qur’an berbasis perkembangan otak pada anak usia dini yaitu: 1) Peran guru dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an meliputi peran guru sebagai pendidik yang membimbing anak dalam menghafal dengan memperhatikan cara mengajar Al-Qur’an yang berorientasi pada perkembangan otak anak dengan penerapan metode menghafal yang merujuk pada teori perkembangan otak anak. 2) Kemitraan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an dilakukan dengan cara bekerjasama melibatkan pihak-pihak terkait seperti orang tua murid, masyarakat dan tokoh masyarakat, serta organisasi profesi yang berkaitan dengan program Al-Qur’an yaitu Ummi Fodation, BKPRMI, serta instansi terkait seperti puskesmas dan perpustakaan daerah. 3) Sarana dan prasarana dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an tersedia untuk menunjang pembelajaran menghafal Al-Qur’an, tersedia berupa ruang kelas untuk menghafal, ruang terbuka untuk menghafal taman dan gazebo, mesjid di komplek sekolah, aula untuk pentas Qur’an dan munaqasyah serta media pendukung menghafal berupa LCD, proyektor, speaker, dan kartu bergambar. 4) Kebijakan kepala sekolah dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an dilakukan dengan rapat kerja perencanaan kurikulum dan program menghafal Qur’an persemester, kualifikasi pengajar Al-Qur’an, dan peningkatan mutu pendidik.

            Disarankan agar program menghafal terus dikembangkan oleh sekolah, kepala sekolah, dan guru dengan senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI