DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS 4B SDN KEBUN BUNGA 1 BANJARMASIN
PENGARANG:CUT SERUNI NUR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-07


ABSTRAK

 

Nur Azizah, Cut Seruni (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Teams Games Tournament Untuk Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas 4B SDN Kebun Bunga 1 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

Kata Kunci:Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Teams Games Tournament.

Permasalahan di penelitian ini adalah saat pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, siswa kurang fokus perhatian mereka dalam memahami pembelajaran. Hal ini disebabkan, mata pelajaran IPS di kelas 4B masih menggunakan model ceramah, penyampaian materi ajar kurang menyangkut-pautkan dengan masalah sekitar dan media pembelajaran yang kurang interaktif. Akibatnya, anak-anak menjadi kurang fokus dan tidak berminat untuk memperhatikan penjelasan dari guru. Upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Teams Games Tournament. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menggambarkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan kemampuan berdiskusi siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas 4B SDN Kebun Bunga I Banjarmasin yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Untuk data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa yang diukur dengan tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan, aktivitas guru  di pertemuan I mendapatkan skor 34,  pertemuan IV memperoleh skor maksimal yaitu 38. Aktivitas siswa pertemuan I masih 18%, meningkat di pertemuan IV menjadi 100%. Hasil Belajar siswa pertemuan I mendapatkan persentase 41% meningkat di pertemuan IV menjadi 86% dengan ketuntasan klasikal 86%.

Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan  kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan untuk model pembelajaran Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Teams Games Tournament ini dapat dijadikan sebagai referensi alternative dalam meningkatkan kualitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI