DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL HURUF MELALUI MODEL COPSTER DAN MEDIA RODA BERPUTAR PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 6 BANJARMASIN
PENGARANG:HUMAIRA SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-08


Kemampuan mengenal huruf adalah kesanggupan melakukan sesuatu dengan 

mengenali tanda dan ciri aksara dalam melakukan tata tulis. Langkah dalam 

pengenalan huruf kepada anak usia dini yaitu seperti menyebutkan 

huruf,menunjukan huruf, menghubungkan huruf dengan gambar. Penyebab dalam 

penelitian yaitu kemampuan anak dalam mengenal huruf kurang aktif, 

pembelajaran monoton, dan media pembelajaran minim. Salah satu upayanya 

adalah menggunakan model COPSTER dan Media Roda Berputar. Adapun tujuan 

penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, serta 

hasil perkembangan.

Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan 

Kelas (PTK), yang dilakukan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 

dua pertemuan. Subjek penelitian adalah Kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul 

Athfal 6 Banjarmasin sebanyak 14 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar 

pengamatan terkait aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. 

Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.

Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I 

dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik. Aktivitas 

anak secara klasikal mengalami peningkatan dari pertemuan 1 36%, pertemuan 2 

50%, pertemuan 3 naik menjadi 86% dan pertemuan 4 100% dengan kategori 

sangat aktif. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal berkembang dari 

pertemuan 1 yaitu 35%, pertemuan 2 57%, pertemuan 3 93%, dan pertemuan 4 

100%.

Disimpulkan bahwa model COPSTER dan Media Roda Berputar berhasil 

memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, serta hasil 

perkembangan yang optimal. Disarankan penggunaan model COPSTER dan 

Media Roda Berputar sebagai refrensi pembelajaran efektif guna mewujudkan 

hasil perkembangan mengenal huruf lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI