DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL HURUF MELALUI MODEL COPSTER DAN MEDIA RODA BERPUTAR PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 6 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | HUMAIRA SALSABILA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-09-08 |
Kemampuan mengenal huruf adalah kesanggupan melakukan sesuatu dengan
mengenali tanda dan ciri aksara dalam melakukan tata tulis. Langkah dalam
pengenalan huruf kepada anak usia dini yaitu seperti menyebutkan
huruf,menunjukan huruf, menghubungkan huruf dengan gambar. Penyebab dalam
penelitian yaitu kemampuan anak dalam mengenal huruf kurang aktif,
pembelajaran monoton, dan media pembelajaran minim. Salah satu upayanya
adalah menggunakan model COPSTER dan Media Roda Berputar. Adapun tujuan
penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, serta
hasil perkembangan.
Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), yang dilakukan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari
dua pertemuan. Subjek penelitian adalah Kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 6 Banjarmasin sebanyak 14 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar
pengamatan terkait aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan.
Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I
dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik. Aktivitas
anak secara klasikal mengalami peningkatan dari pertemuan 1 36%, pertemuan 2
50%, pertemuan 3 naik menjadi 86% dan pertemuan 4 100% dengan kategori
sangat aktif. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal berkembang dari
pertemuan 1 yaitu 35%, pertemuan 2 57%, pertemuan 3 93%, dan pertemuan 4
100%.
Disimpulkan bahwa model COPSTER dan Media Roda Berputar berhasil
memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, serta hasil
perkembangan yang optimal. Disarankan penggunaan model COPSTER dan
Media Roda Berputar sebagai refrensi pembelajaran efektif guna mewujudkan
hasil perkembangan mengenal huruf lebih baik.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI