DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGELOLAAN EMOTIONAL LABOR DENGAN TEKNIK ART THERAPY PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2021
PENGARANG:AISYAH RAYHAN FARADINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-08


ABSTRAK

Aisyah Rayhan Faradina. 2023. Pengelolaan Emotional Labor Dengan Teknik Art Therapy Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2021. Pembimbing: (I) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd. (II) M. Andri Setiawan, M.Pd.

Kata Kunci: Emotional Labor, Art Therapy, Mewarnai Mandala

            Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui gambaran emotional labor pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2021 sebelum dan sesudah diberikannya teknik art therapy. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektivitas teknik art therapy untuk pengelolaan emotional labor pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2021.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan bentuk quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Penelitian eksperimen dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Setting penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2021. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket emotional labor dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling.

 

Berdasarkan hasil uji-t, menunjukkan bahwa Exact. Sig. (2-tailed)/signifikansi adalah 0,011 atau probabilitas dibawah 0,05 (0,011 < 0,05) dengan hasil kesimpulan yaitu bahwa adanya perbedaan tingkat emotional labor sebelum dan sesudah diberikan teknik art therapy. Maka, teknik art therapy efektif untuk pengelolaan emotional labor pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2021.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI