DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Sosial Aktivitas Bertani Padi Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:DWI SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-11


Dwi Safitri. 2023. Nilai Sosial Aktivitas Bertani Padi Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat  Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. Ismi Rajiani, MM dan Pembimbing II: Rusmaniah, M.Pd.

Aktivitas bertani padi merupakan satu diantara aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Desa Anjir Serapat Muara 1. Aktivitas bertani padi terdiri dari manugal, malacak, batanam, dan mangatam. Aktivitas tersebut akan memuat nilai sosial seperti kerja sama, kepedulian dan kebersamaan. Nilai sosial pada aktivitas bertani padi dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dalam upaya mengembangkan materi dan melakukan inovasi sumber belajar IPS.Tujuan penelitian ini untuk:1)Mendeskripsikan Aktivitas Bertani Padi Desa Anjir Serapat Muara 1; 2) Mendeskripsikan nilai sosial aktivitas bertani padi Desa Anjir Serapat Muara 1; 3) Mendeskripsikan integrasi nilai sosial pada aktivitas bertani padi Desa Anjir Serapat Muara 1 dapat dijadikan sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. 

Hasil penelitian: 1) Aktivitas bertani padi yang dilakukan oleh masyarakat terdiri dari manugal, malacak, batanam dan mangatam, 2) Nilai sosial yang terdapat pada aktivitas bertani padi meliputi kerja sama, kepedulian dan kebersamaan, 3) Integrasi nilai sosial pada aktivitas bertani padi dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS terkait materi interaksi sosial dan lembaga sosial pada materi pelajaran IPS di SMP. 

Simpulan dalam penelitian iniyaitu aktivitas bertani padi Desa Anjir Serapat Muara 1 terdiri dari manugal, malacak, batanam dan mangatam. Semua aktivitas tersebut dilakukan dengan saling membantu antara satu sama lain.Nilai sosial dalam aktivitas bertani padi dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS khususnya untuk peserta didik SMP terkait materi kelas VII yaitu Interaksi sosial dan Lembaga Sosial.

Kata Kunci: Nilai Sosial, Aktivitas Bertani Padi, Sumber belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI