DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DALAM MENINGKATKAN PENGAWASAN PARTISIPATIF MELALUI SEKOLAH KADER PENGAWASAN PARTISIPATIF
PENGARANG:EDLY ROFIQAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-11


Edly Rofiqah, 1920421320019, Kinerja Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan dalam Meningkatkan Pengawasan Partisipatif Melalui Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif. Pembimbing: Mahyuni, Muhammad Riduansyah Syafari.

Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan di Indonesia adalah salah satu tugas dari Bawaslu. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Bawaslu dalam meningkatkan pengawasan partisipatif adalah menghadirkan program pendidikan kader, yaitu Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan dalam meningkatkan pengawasan partisipatif melalui program Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif serta faktor-faktor penghambat ditinjau dari teori Dwiyanto. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah Koordinator Divisi Pengawasan dan Kepala Bagian Pengawasan Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan serta kader dan alumni sekolah kader pengawasan partisipatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan sudah optimal meskipun terdapat beberapa kekurangan. Faktor-faktor penghambat kinerja Bawaslu Kalimantan Selatan adalah faktor sistem, faktor situasional, dan faktor organisasi.Peneliti menyarankan agar Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan dalam meningkatkan pengawasan partisipatif melalui Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif adalah mendorong ketersediaan anggaran untuk memfasilitasi kegiatan dan project komunitas pengawasan partisipatif.

Kata Kunci : Kinerja, Pemilu, Bawaslu, Pengawasan, Partisipasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI