DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI MARTAPURA DI KELURAHAN SUNGAI JINGAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:SITI SALMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-11


Siti Salmah, 2022. Aktivitas Masyarakat Bantaran Sungai Martapura Di Kelurahan Sungai Jingah Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M. Hum dan Pembimbing II: Mutiani, M. Pd.

Bagi orang Banjarmasin sungai bukan hanya sekedar sebagai sumber air tetapi juga sebagai tempat masyarakat melakukan berbagai macam aktivitas. Berkaitan dengan konsep pembelajaran IPS maka aktivitas masyarakat dapat dijadikan sebagai Sumber belajar. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam proses belajar mengajar IPS sangat penting dikarenakan lingkungan merupakan sumber yang sangat kaya  akan untuk bahan ajar anak. Dengan adanya sungai tempat masyarakat melakukan berbagai macam aktivitas sehingga aktivitas masyarakat dapat di kaitkan sebagai sumber belajar. Penelitian ini terkait aktivitas sosial masyarakat di bantaran sungai. Aktivitas di bantaran sungai Jingah mencakup tiga aspek yaitu aktivitas individu dengan individu, aktivitas individu dengan kelompok dan aktivitas antar kelompok dengan kelompok.

Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan aktivitas masyarakat di bantaran Sungai Jingah. 2) Mendeskripsikan aktivitas masyarakat di bantaran Sungai Jingah Sebagai Sumber Belajar IPS. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan aktivitas sosial secara holistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan kondisi dan aktivitas sosial masyarakat, wawancara dengan beberapa informan serta dokumentasi dalam bentuk gambar dan rekaman. Analisis data yaitu reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata dan dilengkapi dengan gambar dan tabel , dan verifikasi data dalam bentuk penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, member check dan triangulasi. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI