DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL BATANDING PADA KELAS V SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NADIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-11


Nadia, 2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika Menggunakan Model BATANDING pada Kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: Raihanah Sari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, dan BATANDING.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa pada muatan Matematika materi volume bangun ruang kubus. Hal ini disebabkan karena pembelajaran kurang bervariasi dan menarik, siswa belum memahami konsep dan pembelajaran kurang bermakna, kurang dilatih berpikir kritis, serta kurang teliti dalam melakukan perhitungan. Upaya meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa yaitu melalui penggunaan model BATANDING (Problem Based Learning, Student Team Achievement Division, dan Talking Stick). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 17 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Jenis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan teknik deskriptif berupa tabel, grafik, dan interpretasi dalam persentase. 

Hasil penelitian menyatakan bahwa aktivitas guru meningkat memperoleh skor 31 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat persentase 100% kriteria “Seluruh Siswa Sangat Aktif”. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat persentase 88% kriteria “Hampir Seluruh Siswa Sangat Terampil”. Hasil Belajar Siswa meningkat persentase 92%  kriteria “Tuntas”.

Kesimpulan dari hasil penelitian menyatakan bahwa model BATANDING dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Penggunaan model ini disarankan dapat menjadi salah satu alternatif dalam pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI