DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN MUSIK METAL DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 1995-2018
PENGARANG:Muhammad Ammar Ridhani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-12


ABSTRAK

 

 

 

Muhammad Ammar Ridhani, NIM A1A114028, Perkembangan Genre Musik Metal di Kota Banjarmasin Tahun 1995-2018,  Pembimbing I, Dra. Rochgiyanti, M. Si, M. Pd, Pembimbing II, Dr. Syaharuddin, S. Pd, M. A

 

            Musik metal awalnya lahir dari istilah sebuah sub-genre dari musik yang berkembang dari heavy metal pada akhir 1960-an dan awal 1970-an. Beberapa ciri khasnya adalah lirik lagu yang bertemakan anti kemapanan, perang, politik, kekerasan atau kematian, ritme gitar rendah (downtuned rhythm guitars), ketukan drum yang cepat dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan dengan gerutuan (death grunt), geraman garau (guttural growl) atau geraman maut (death growl). Perkembangan musik metal di Kota Banjarmasin dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, yang pertama ialah Banjarmasin merupakan kota pertama di Kalimantan Selatan yang mengenalkan musik metal dan membuat beberapa band kota lain terinspirasi sehingga kemudian banyak band berlomba-lomba menunjukan kemampuannya dalam event underground. Kedua adalah pertumbuhan penduduk Kota Banjarmasin yang pesat, banyak remaja di Kota Banjarmasin yang membutuhkan suatu wadah untuk mengekspresikan diri serta mencari jatidiri mereka, yang kemudian bergabung ke dalam komunitas metal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perkembangan genre musik metal di Kota Banjarmasin pada tahun 1995-2018; 2) pandangan penggemar dan masyarakat umum tentang musik metal di Kota Banjarmasin tahun 1995-2018.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah:  1) Heuristik, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara terhadap musisi, penggemar, produser rekaman dan pedagang merchandise musik metal di Kota Banjarmasin. 2) Kritik sumber yang terbagi menjadi kritik internal dan kritik eksternal; 3) Interpretasi, peneliti menyusun secara berurutan mengenai bukti bukti yang sudah didapatkan di lapangan; 4) Historiografi, mulai menuliskan dari hasil keseluruhan penelitian secara deskriptif berdasarkan sistematika yang sudah ditetapkan.

 

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa 1) perkembangan musik metal di Kota Banjarmasin mengalami perkembangan yang pesat, banyak penggemar yang mendirikan komunitas musik metal, perkembangan teknologi juga memberikan dampak positif, makin luasnya penyuka musik ini. Musik metal masih eksis di Kota Banjarmasin dengan dukungan banyak band dan komunitas musik yang selalu solid dalam jalur indiependent dan mengadakan event-event musik sebagai wadah kreativitas band death metal.(2) Banyak masyarakat kota Banjarmasin yang belum mengetahui musik Metal.

 

 

 

Kata Kunci : sejarah , perkembangan , musik, metal

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI