DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN TALKING STICK DENGAN MEDIA PAPAN CERITA PADA KELOMPOK B PAUD TERPADU AL MUHAJIRIN BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKI FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-13


Permasalahan yang terjadi pada kelompok B PAUD Terpadu Al Muhajirin Banjarmasin masih kurangnya anak dalam mengungkapkan bahasa yaitu pada kemampuan bercerita. Hal ini disebabkan karena kosa kata anak yang masih minim dan monotonya proses pembelajaran yang dilakukan, sehingga perkembangan pada aspek bahasa anak masih belum berkembang dengan baik. Untuk meningkatkan pencapaian pengembangan ini dilakukan penelitian tentang penerapan kombinasi model Picture and Picture dan Talking Stick dengan Media Papan Cerita. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan bercerita menggunakan kombinasi model Picture and Picture Dan Talking Stick Dengan Media Papan Cerita Kelompok B Paud Terpadu Al Muhajirin Banjarmasin.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek yang dari penelitian ini adalah anak pada kelompok B PAUD Terpadu Al Muhajirin Banjarmasin, jumlah anak 13 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Adapun indikator keberhasilan guru mendapatkan skor 27 – 32 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila rata-rata kelas secara klasikal 80% dengan kategori aktif. Hasil pengembangan aspek secara klasikal 80% anak memeperoleh minimal dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mendapatkan skor 24 dan pada siklus II mendapatkan skor 32. Aktivitas anak selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh persentase 54% dan pada siklus II memperoleh persentase 92%. Perkembangan bahasa anak selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh persentase 54% dan siklus II memperoleh persentase 92%.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kemampuan berbahasa anak menggunakan kombinasi model Picture and Picture dan Talking Stick dengan Media Papan Cerita Kelompok B PAUD Terpadu Al Muhajirin Banjarmasin dapat berkembang sangat baik. Disarankan bagi guru sebagai pertimbangan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, anak dapat memperbaiki gaya belajar, kepala sekolah sebagai masukan pembinaan guru dan peneliti selanjutnya untuk bahan referensi.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI