DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN STEAM MELALUI MEDIA LOOSE PARTS PADA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 30 BANJARMASIN
PENGARANG:LAILAN MURNI MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-13


Permasalahan penelitian ini dilator belakangi dengan rendahnya perkembangan motorik halus pada anak. Hal ini disebabkan kurangnya media pembelajaran dan pembelajaran yang monoton sehingga anak cepat membuat anak bosan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, serta meningkatkan aktivitas belajar anak sehingga berdampak pada hasil capaian perkembangan motorik halus. Maka salah salah satu upaya untuk mengembangkan perkembangan motorik halus anak dengan menggunakan STEAM melalui media Loose Parts. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 30 Banjarmasin sebanyak 11 anak. Faktor yang diteliti adalah aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan motorik halus anak. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti diambil dari format observasi aktivitas guru. Data tentang aktivitas anak dalam perkembangan motorik halus anak diambil dengan menggunakan teknik observasi. Data hasil perkembangan motorik halus anak didapat dengan mengamati anak selama proses pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisi data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas guru siklus I mencapai kriteria Cukup Baik dan pada siklus II mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak pada siklus I mencapai kriteria Kurang Aktif dan siklus II mencapai kriteria Aktif. Ketuntasan hasil perkembangan motorik halus anak pada siklus I mencapai 42% dengan kategori Belum Berkembang dan pada siklus II mencapai 86% dengan kategori Berkembang Sangat Baik. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa STEAM melalui media Loose Parts berhasil meningkatkan perkembangan motorik halus anak, aktivitas anak dan aktivitas guru. Disarankan penggunaan STEAM melalui media Loose Parts sebagai referensi pembelajaran efektif untuk mewujudkan hasil peningkatan perkembangan motorik halus anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI