DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESELARASAN KARAKTER SISWA ALUMNI TAMAN KANAK-KANAK MODEL PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER BINAAN YAYASAN ADARO BANGUN NEGERI (STUDI LINTAS SITUS DI SD NEGERI DAN MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN BALANGAN)
PENGARANG:YOLANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-13


Yolanda, 2023. “Keselarasan Karakter Siswa Alumni Taman Kanak-Kanak Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri (Studi Lintas Situs di SD Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Balangan)” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M. Pd

 

Kata kunci:  Keselarasan, Karakter, Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebelum dilakukannya wawancara masih banyak anak yang tidak muncul mengimplementasikan nilai-nilai 9 pilar karakter. Hal ini disebabkan susahnya jaringan didaerah tempat tinggal mereka, maka dari itu sebagian orangtua tidak mengisi kuisioner melalui google formulir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku karakter anak alumni taman kanak-kanak model pendidikan holistik berbasis karakter binaan yayasan adaro bangun negeri di sekolah dasar negeri, di madrasah ibtidaiyah, dan apakah ada perbedaan perilaku karakter yang diterapkan anak di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif. Setting penelitian ini di Kabupaten Balangan dengan 57 orang dari 19 lembaga. Masing-masing lembaga di observasi dan wawancara sebanyak 3 orang anak (1 orang anak yang lulus di paud binaan tahun 2019, tahun lulus 2020, dan tahun lulus 2021). Guru TK 19 orang dan guru SD serta MI sebanyak 38 orang.

Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan penerapan perilaku karakter siswa sesuai kriteria 9 pilar karakter dengan perbedaan persentase 98,5% sekolah dasar,sedangkan 92,9% madrasah ibtidaiyah.

 Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan keberhasilan dan keselarasan dalam penerapan pendidikan holistik berbasis karakter melalui 9 Pilar Karakter dirumah, disekolah dasar negeri dan madrasah ibtidaiyah, saran bagi kepala taman kanak-kanak sebagai pembinaan terhadap guru-guru dalam menerapkan karakter anak disekolah, kepada guru dijadikan bimbingan kepada anak dalam penerapan karakter yang baik dan bagi peneliti lain dijadikan referensi dan dikembangkan secara berkelanjutan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI