DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN FLASHCARDS SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 29 BANJARMASIN
PENGARANG:MUALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-13


Motivasi belajar merupakan sebuah dorongan dari dalam diri peserta didik untuk mencapai tujuan belajar, dorongan tersebut berupa kesadaran dari dalam diri maupun dari orang tua, guru dan teman-teman. Dengan adanya motivasi belajar, maka peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik yang berdampak pada hasil belajar dan prestasi selama mengenyam pendidikan. Dalam upaya peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA, Flashcards Sains dapat digunakan sebagai alternatif solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yakni untuk  membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 29 Banjarmasin, melalui pengembangan Flashcards Sains pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahap yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, wawancara, kuesioner validasi ahli, angket respon peserta didik dan kuesioner motivasi peserta didik. Hasil dari validasi ahli menyatakan bahwa pengembangan Flashcards Sains “Layak” sebesar 80% yang dinilai dari segi Kurikulum, Desain Pembelajaran, Isi Materi, Penggunaan, Desain, Teks, Gambar, dan Kemasan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik di dapatkan hasil N-Gain sebesar 0,3>0,42 >0,7 dengan kategori sedang. Maka pengembangan media Flashcards Sains pada materi Sistem Pencernaan Manusia mampu mengatasi permasalahan peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui keterlibatan aktif di dalam kelas dengan belajar sambil bermain.

 

Kata Kunci: Flashcards Sains, Motivasi, IPA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI