DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Intrinsic Motivation Dan Goal Setting Terhadap Peer Attachment Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler Smp Negeri 3 Banjarbaru
PENGARANG:MUHAMMAD ADITYA RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-13


ABSTRAK

 

Muhammad Aditya Ramadhan. Pengaruh Intrinsic motivation dan Goal setting terhadap Peer Attachment siswa yang mengikuti ekstrakulikuler SMP Negeri 3 Banjarbaru. Pembimbing (1) Muhammad Arsyad, M.Psi., Psikolog. Pembimbing (II) Dr. Nina Permata Sari S.Psi., M.Pd.

 

Kata kunci: Intrinsic Motivation, Goal setting, Peer Attachment

 

Penelitian dilatar belakangi hasil wawancara terhadap siswa serta pelatih ekstrakulikuler SMP Negeri 3 Banjarbaru, yang mengalami terhambatnya pencapaian tujuan yang diinginkan siswa dalam keikut sertannya dalam sebuah kompetisi atau perlombaan padahal siwa telah memiliki dorongan diri yang kuat untuk mencapai prestasi tersebut hambatannya yaitu seperti kurang akrabnya antar tim sehingga tim tidak kompak.

 

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh, alat pengumpulan data yaitu angket dengan teknik penarikan sample jenuh yaitu seluruh populasi merupakan semua sample yang dijadikan sample. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, regresi linear sederhana dan regresi linier berganda.

 

Hasil penelitian  yang dilakukan pada siswa yang mengikuti ektrakulikuler SMP Negeri 3 Banjarbaru, siswa memiliki Intrinsic motivation dan Goal Setting tergolong sedang dan Peer Attachment  tergolong rendah. Dari perhitungan regresi linier sederhana antara Intrinsic Motivation terhadap Peer Attachment didapatkan Rsquare 17%, Goal Setting dan Peer Attachment didapatkan Rsquare 23%. Pada perhitungan Intrinsic motivation dan goal setting terhadap peer attachment dari perhitungan regresi linear berganda nilai Rsquare 25%. Hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa siswa yang mengikuti ekstrakulikuler SMP Negeri 3 Banjarbaru memiliki Intrinsic motivation tergolong sedang, goal setting tergolongsedang dan peer attachment yang tergolong rendah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI