DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Electronic Payment oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan dalam Pengembangan UMKM di Kota Banjarmasin
PENGARANG:SYAFIRA ASSYAFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-13


Syafira Assyafa, 1910413320001,  Efektivitas Electronic Payment oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan dalam Pengembangan UMKM di Kota Banjarmasin. Dibwah Bimbingan Samahuddin Muharram.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas electronic payment oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan dalam Pengembangan UMKM di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari Kepala Seksi Permodalan atau Pembiayaan, Penyusun Rencana Pelayanan UMKM, UMKM, dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Electronic Payment oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan dalam pengembangan UMKM di Kota Banjarmasin dalam pelaksanaan nya sudah efektif berdasarkan 3 indikator yaitu pencapaian tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. (1) Pencapaian tujuan program Electronic Payment ini sudah ada pada APBD dinas berdasarkan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga menjadi QRIS. (2) Integrasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan sudah melaksanakan sosialisasi atau Bimbingan Teknis kepada UMKM. Namun dalam praktiknya masih memiliki sedikit kendala yaitu kurangnya pemahaman dari pelaku UMKM yang lanjut usia terkait penggunaan QRIS. (3) Adaptasi Electronic Payment setelah melakukan bimtek UMKM langsung menerapkan QRIS sebagai transaksi digital.

 

            Berdasarkan hal tersebut, adapun saran yang diberikan dalam penelitian ini bahwa efektivitas Electronic Payment oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan dalam pengembangan UMKM di Kota Banjarmasin, diharapkan untuk dinas terus melakukan sosialisasi agar masyarakat bisa lebih memahami cara penggunaan QRIS khususnya untuk  UMKM yang lanjut usia. Kemudian untuk masyarakat khususnya UMKM lebih banyak lagi yang menerapkan QRIS dalam proses transaksi.

 

 

 

Kata Kunci: Efektivitas, E-payment, QRIS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI