DIGITAL LIBRARY



JUDUL:META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
PENGARANG:TRI PUJI ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-14


Model pembelajaran creative problem solving banyak diterapkan dalam pembelajaran fisika.Namun, besar keseluruhan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika siswa belum diketahui. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruhmodel pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian ini adalah meta analisis secara deskriptif kualitatif. Subjek uji coba penelitian ini adalah 15 artikel nasional. Pengumpulan data dilakukan secara daring menggunakan software publish or perish 8. Data studi primer  dianalisis lebih lanjut menggunakan bantuan software Comperhensive Meta Analisis (CMA) versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkkan: (1) modelpembelajaran creative problem solving memiliki pengaruh paling besar di jenjang pendidikan SMA dengan effect size 0,981(kategori besar), (2) model pembelajaran creative problem solving memiliki pengaruh paling besar di topik mekanika dengan effect size1,146(kategori besar), (3) model pembelajaran creative problem solving memiliki pengaruh paling besar di hasil belajar afektif dengan effect size 1,145(kategori besar), (4) Hasil penelitian secara keseluruhan model pembelajaran creative problem solving memiliki pengaruh besar terhadap hasil belajar, yaitu dengan effect size gabungan 0,845 (kategori besar). Dengan demikian, modelpembelajaran creative problem solving memberikan dampak positif dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI