DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 9 BANJARMASIN
PENGARANG:FEBY NORPAIJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-14


Hubungan Kemampuan Literasi Informasi Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Banjarmasin. Proses literasi informasi yang terjadi pada siswa SMA Negeri 9 Banjarmasin  dilakukan secara mandiri oleh siswa, karena informasi merupakan pembelajaran seumur hidup yang menjadikan penggunanya belajar mandiri. Kegiatan literasi informasi yang terjadi di SMA Negeri 9 Banjarmasin hanya sebatas peningkatan minat baca siswa, dan tidak ada pemahaman lebih mendalam terkait proses keterampilan informasi yang mempengaruhi proses hasil belajar siswa.Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan kemampuan literasi informasi terkait hasil belajar pada mata pelajaran geografi siswa kelas XIMIA SMA Negeri 9 Banjarmasin. Lokasi penelitian dilakukan pada siswa kelas XIMIAdi SMA Negeri 9 Kota Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 130 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner semi terbuka. Analisis data penelitian dengan analisis uji korelasi dan uji hipotesis. Pengolahan data penelitian menggunakan editing, scoring, dan tabulating.   Hasil penelitian menunjukkan perhitungan nilai r dengan menggunakan rumus product moment didapatkan hasil rhitung sebesar 0,494 dan termasuk dalam kategori hubungan yang sedang, karena berada diantara 0,40 – 0,599. Nilai t hitung 0,494> t tabel 0,172. Sesuai dengan kriteria jika t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan kemampuan literasi informasi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Banjarmasin.

Kata Kunci:  Literasi Informasi, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI