DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH DAYA TARIK FISIK DAN DAYA TARIK SOSIAL TERHADAP INTERAKSI PARASOSIAL DI KALANGAN PEREMPUAN DEWASA MUDA DALAM FANDOM KOREAN POP (Studi Pada Pengikut Akun Instagram @coppamagz)
PENGARANG:LATIFA FEBIANOLA SAMARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-14


ABSTRAK

Latifa Febianola Samara, 1910414220012. Daya Tarik Fisik dan Daya Tarik Sosial Terhadap Interaksi Parasosial Di kalangan Perempuan Dewasa Muda Dalam Fandom Korean Pop (Studi Pada Pengikut Akun Instagram @CoppaMagz). Di Bawah Bimbingan Yuanita Setyastuti.

Konsep interaksi parasosial dikaji melalui tiga dimensi: daya tarik fisik, daya tarik sosial, dan daya tarik kesuksesan. Penelitian ini berfokus pada daya tarik fisik dan daya tarik sosial, yang diyakini berperan dalam membentuk interaksi parasosial di kalangan penggemar K-pop.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh daya tarik fisik dan daya tarik sosial terhadap interaksi parasosial pada wanita dewasa muda penggemar Korean Pop (K-pop) di Indonesia, dengan fokus pada pengikut akun Instagram @CoppaMagz

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif tipe eksplanatif dengan pengambilan data melalui kuesioner dan observasi. Sampel penelitian merupakan wanita rentang usia 18-35 tahun pengikut akun Instagram @CoppaMagz sebanyak 3534 responden. Analisis data melibatkan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik fisik dan daya tarik sosial berpengaruh secara signifikan terhadap interaksi parasosial subjek penelitian. Dimana secara parsial, daya tarik fisik memiliki pengaruh sebesar 25,2% dan daya tarik sosial berpengaruh 43%, dan secara simultan, daya tarik fisik dan daya tarik sosial memiliki pengaruh sebesar 33,5%.

Kata Kunci : Daya Tarik Fisik, Daya Tarik Sosial, Interaksi Parasosial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI