DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Model Project Based Learning dan Metode Demonstrasi Dengan Media Kolase
PENGARANG:SITI NUR AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-14


Aisyah, Siti Nur. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Model 

Project Based Learning dan Metode Demonstrasi Dengan Media Kolase”. 

Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas 

Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. 

Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D.

Kata Kunci : Motorik Halus, Model Project Based Learning, Metode Demonstrasi, 

Media Kolase.

Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh Rendahnya kemampuan 

motorik halus anak dalam kegiatan menempel pada anak Kelompok B TK NEGERI 

PEMBINA BATU AMPAR. Upaya untuk mengembangkan aktivitas dan hasil 

perkembangan anak melalui model project based learning dan metode demonstrasi 

dengan media kolase. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan 

menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam 

kegiatan menggunting sesuai dengan pola.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan 

Kelas (PTK) dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok 

B TK NEGERI PEMBINA BATU AMPAR berjumlah 12 orang anak. Jenis data 

dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi 

aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran 

dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif 

kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator 

keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I 

mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan 

III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria 

cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif dan pertemuan III mencapai 

kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil hasil perkembangan anak pada 

pertemuan I mencapai 0%, pertemuan II mencapai 41,5% dan pertemuan III 

mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model project based

learning dan metode demonstrasi dengan media kolase dapat meningkatkan 

aktivitas dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan model tersebut 

sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas pada peningkatan hasil 

perkembangan motorik halus anak dalam kegiatan menempel. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI