DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK (STUDI KASUS) DI KEBUN HIDROPONIK BANJARBARU)
PENGARANG:ANIS WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-14


Abstrak.Hidroponikmerupakansebutanuntuksebuahteknologibercocoktanamtanpamenggunakan tanah. Strategi merupakanhal penting bagi kelangsungan hidup dari suatuperusahaanuntukmencapaisasaranatautujuanperusahaanyangefektifdanefisien.Tujuan penelitian ini adalah untuk Menjelaskan dan menganalisis factor internal daneksternalyang menjadikekuatan dankelemahan serta ancaman danpeluang yangakandihadapidalampemasaranSayuranHidroponikdiKebunHidroponikBanjarbarudanMengeanalisisstrategipemasarandanmerumuskanstrategialternatifdalampemasaranSayuranHidroponikdiKebunHidroponikBanjarbaru.Penelitianini bersifatkombinasikualitatifkuantitatifdenganobjekpenelitiansayuranhidroponik.Pengambilansampeldilakukan secara nonprobability sampling atau istilah lain yang disebut sampel jenuh. denganteknik pengumpulan data secaraObservasi, wawancara,danStudi dokumentasi. kemudiandilakukananalisisfaktorinternaldaneksternal dengan metodeSWOT.Hasil penelitiandidapatkan adalah Faktor Internal ( kekuatan dan kelemahan) : (1) Kekuatan terdiri dariMenjaga Kuantitas dan Kualitas dan memberikan pelayanan yang baik pada konsumen (2)Kelemahan terdiri dari Lahan yang kurang luas, dan jumlah produksi yang tidak menentu.Faktor Eksternal (peluang dan ancaman) : Peluang terdiri dari permintaan sayuran tinggi,Ancaman terdiri dari pesaing harga dengan competitor, hama dan penyakit. Alternatif strategiyang dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran yaitu Bekerjasama dengan para petanihidroponik yang potensial dan yang memiliki kualitas sayuran baikuntuk memenuhi stoksayuran karena kurangnya varian produk dan keterbatasan lahan karena permintaan sayuranyangselalutinggidanuntukMeningkatkankepercayaankepadakonsumendenganjenissayuranyang selalu tersedia dipasaran(O2,O3,W5, W2).

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI