DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PROGRAM LAYANAN HOME VISIT TERHADAP GENERASI Z MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, AND PRODUCT)
PENGARANG:MUNAYA ATHTHAYBAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-14


Munaya Aththaybah. 2023. Evaluasi Program Layanan Home Visit Terhadap Generasi Z Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Pembimbing : (I) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi.,M.Pd. (II) Dr. Ali Rachman, M. Pd.

Kata kunci : Program Layanan Home Visit, Generasi Z

 Pelaksanaan layanan home visit penting dilaksanakan karena memberikan informasi yang rinci kepada guru BK, sehingga dapat mengetahui permasalahan yang terjadi di lingkungan rumah peserta didik dengan bekerja sama dengan orang tua atau keluarga. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam bentuk home visit untuk mengatasi permasalahan Generasi Z yang ada di SMPN 23 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan jenis evaluasi dengan pendekatan kualitatif yang berfokus pada informan utama yaitu guru bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data interaktif yang dicetuskan oleh Miles dan Huberman.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa program layanan home visit di SMPN 23 Banjarmasin berjalan dengan cukup efektif. Guru BK telah melaksanakan program layanan sesuai dengan kriteria yang ada untuk memberikan evaluasi terhadap program yang sudah maupun sedang dijalankan. Dengan adanya program layanan home visit, guru BK dapat menemukan permasalahan peserta didik yang berada pada generasi Z tidak hanya yang terlihat di sekolah, namun juga dari lingkungan sekitarnya secara langsung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI