DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pola Komunikasi Interpersonal antara Guru dengan siswa Dalam Penanaman Motivasi Berprestasi (Studi pada Guru dan Siswa SMAIT Ukhuwah Banjarmasin)
PENGARANG:MIRA NOVITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-14


ABSTRAK

MIRA NOVITA, D1C115025, 2023, “Pola Komunikasi Interpersonal antara Guru dengan Siswa Dalam Penanaman Motivasi Berprestasi (Studi pada Guru dan Siswa SMAIT Ukhuwah Banjarmasin)”. Dibawah Bimbingan Lalita Hanief dan Sarwani

Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola hubungan komunikasi interpersonal antara Guru di sekolah dengan siswa terhadap motivasi berprestasi pada siswa di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin. Tipe penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yang berfokus pada subyek atau narasumber yakni guru BK, orang tua, dan siswa SMA untuk melihat bagaimana pola hubungan komunikasi interpersonal antara orangtua dengan anak terhadap motivasi berprestasi. Pengumpulan data primer dengan wawancara serta observasi, data sekunder berupa dokumentasi, dokumen serta prestasi yang menjadi capaian oleh Siswa SMA di SMA IT Ukhuwah Banjarmasin dengan trianggulasi data dan sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang diterapkan adalah pola komunikasi diadik dimana peran guru dalam mengajar disekolah dan memberi motivasi melalui kelompok kecil serta guru mengadakan orientasi, mobilitas sosial dan komunikasi untuk membina kemampuan serta mengasah potensi anak didik dalam etika dan moral. Sedangkan Komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Gurudalam menanamkan nilai motivasi, moral kepada anaknya juga berjalan baik dan efektif. Faktor pendukung dalam membina kemampuan komunikasi siswa yaitu dengan dukungan Guru serta dengan adanya media sosial dan media online yang dimiliki oleh siswa yang membantu siswa dalam proses belajar dan guru yang pengertian saat mengajar dan memberikan ceramah serta petuah dalam motivasi siswa untuk berprestasi lebih baik secara akademis maupun non akademis di bidang Ekstrakurikuler dan Organisasi. Keterbukaan diri juga berperan penting dalam meningkatkan motivasi siswa karena keterbukaan diri dalam aspek Self Disclosure dalam kekurangan dan kelebihan siswa juga dianggap penting sebagai penerimaan diri organisasi kepada siswanya serta untuk menjaga kekeluargaan diantara mereka.

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Keterbukaan diri, Motivasi


 

ABSTRACT

MIRA NOVITA, D1C115025, 2023, "Interpersonal Communication Patterns between Teacher and Student in Instilling Achievement Motivation (Study on Teachers and Students at SMAIT Ukhuwah Banjarmasin)". Under the Guidance of Lalita Hanief and Sarwani

 

The research objective of this study was to determine patterns of interpersonal communication relationships between teachers and children on achievement motivation in students at SMAIT Ukhuwah Banjarmasin. This type of research is a qualitative descriptive type that focuses on subjects or informants, namely parents, counseling teachers and high school students to see how patterns of interpersonal communication relationships between parents and children affect achievement motivation. Primary data collection techniques by interviews and observations, secondary data in the form of documentation, documents and achievements that were achieved by high school students at SMA IT Ukhuwah Banjarmasin with triangulation of data and sources.

The results showed that the communication pattern applied was a dyadic communication pattern where the teacher's role in teaching at school and providing motivation through small groups and the teacher held orientation, social mobility and communication to build abilities and hone the potential of students in ethics and morals. Meanwhile, interpersonal communication carried out by parents in instilling motivational and moral values in their children also works well and effectively. Supporting factors in fostering students' communication skills, namely with the support of parents as well as with the existence of social media and online media owned by students who help students in the learning process and teachers who are humorous and understanding when teaching and giving lectures and advice in motivating students to achieve more both academically and non-academically in the extracurricular and organizational fields. Self-disclosure also plays an important role in increasing student motivation because self-disclosure in the aspect of self-disclosure in student strengths and weaknesses is also considered important as self-acceptance of the organization to its students and to maintain kinship among them.

Keywords: Patterns of Communication, Interpersonal Communication, Self-disclosure, Motivation

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI