DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MEMPERAKTEKAN GERAKAN SHOLAT MENGGUNAKAN MODEL TLAKING STICK, METODE DEMONSTRASI SIMULASI DAN MEDIA MENGGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK TRI KESUMA PELAIHARI
PENGARANG:RIZKA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-15


 

 

ABSTRAK

Amalia, Rizka. 2023. “Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Meneruskan Sebagian gerakan sholat Dengan Menggunakan Model Talking stick dan Metode Mengambar Pada Anak Kelompok B TK Tri Kasuma Pelaihari”

Pembimbing : Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd

Kata Kunci : Meneruskan Sebagian gerakan sholat Dengan Menggunakan Model , Talking stick, metode demonstarsi dan media menggambar.

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya kemampuan agama seperti anak kurang mampu mengemukakan pendapat dalam meneruskan sebagaian gerakan sholat. Penyebabnya ini dikarenakan kurangnya media bahan pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk ditampilkan, kurangnya inovasi model dan metode pembelajaran yang digunakan, kurangnya stimulus yang diberikan guru kepada anak dalam kegiatan pembelajaran, anak menjadi kurang mampu dalam mengungkapkan ide dalam meneruskan sebagian gerakan sholat yang telah didengarkan.

Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di TK Tri Kesuma Pelaihari pada anak kelompok B yang berjumlah 10 orang anak, terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru mencapai ≥ 30 dengan kategori sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh skor 90% sangat aktif, dan hasil perkembangan agama 10 orang anak, memperoleh skor (3) kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik secara klasikal mencapai skor 90% anak berhasil berkembang.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model Talking stick metode demonstarsi dan Media Mengambar dapat mengembangkan kemampuan agama pada Anak Kelompok B TK Tri Kesuma. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referesnsi dan bahan pertimbangan dalam meneruskan sebagain gerakan sholat yang telah dilakukan.

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI