DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA PUBLIC SPEAKING DENGAN PRESENTASI DIRI SISWA SMAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:LUTHFIA AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-15


ABSTRAK

 

Luthfia Azizah. 2023. Hubungan Antara Public Speaking dengan Presentasi Diri Siswa SMAN 3 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain., S.Psi., M.Pd, (II) Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Public Speaking, Presentasi Diri.

 

Saat ini masih banyak pelajar sekolah menengah atas yang merasa takut ketika mendapat kesempatan berbicara di depan umum/public speaking. Kurangnya presentasi diri dapat menyebabkan kecemasan tampil di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara public speaking dengan presentasi diri pada siswa kelas X SMAN 3 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Alat pengumpulan data berupa angket skala likert dengan teknik penarikan sampel jenuh kepada 215 siswa kelas X SMAN 3 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi liniear sederhana.

Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa kelas X SMAN 3 Banjarmasin memiliki public speaking dengan kategori sedang, sedangkan presentasi diri dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan  nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara variabel public speaking (X) dengan presentasi diri (Y). Adapun angka korelasi koefisien diperoleh sebesar 0,598. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara public speaking dengan presentasi diri pada siswa kelas X SMAN 3 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI