DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH GRIT TERHADAP PRESTASI AKEDEMIK SISWA DI SMP NEGERI 24 BANJARMASIN
PENGARANG:KARTIKA PRAHESTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-15


Grit adalah kemampuan individu untuk konsisten pada minat dan mempertahankan usaha untuk mencapai tujuan jangka panjang, jika siswa memiliki grit yang tinggi maka prestasi akademik siswa tinggi sebaliknya jika siswa memiliki grit yang rendah prestasi akademik siswa rendah. Prestasi akademik yang merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran, prestasi akademik adalah istilah yang menunjukkan seberapa berhasilnya pencapaian seseorang dari hasil belajar yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh grit terhadap prestasi akademik siswa di SMP Negeri 24 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pengaruh. Data kuantitatif dilakukan dengan menyebar 1 angket yakni angket grit kepada 259 siswa SMP Negeri 24 Banjarmasin dengan menggunakan teknik random sampling. Populasi di SMP Negeri 24 Banjarmasin berjumlah 734 dan sampel 259. Teknik analisis data yakni menggunakan statistik deksriptif dan regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian ini yaitu tidak terdapat pengaruh dengan tingkat signifikansi sebesar 0,184 hasil tersebut disebut berpengaruh jika 0,000 < 0,05. Maka (Ha) ditolak, bahwa tidak terdapat pengaruh antara grit terhadap prestasi akademik pada siswa di SMP Negeri 24 Banjarmasin. Hasil koefisien determinasi R square sebesar 0,007 bahwa pengaruh grit terhadap prestasi akademik sebesar 7%, artinya grit terhadap prestasi akademik tidak memiliki pengaruh.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, tidak terdapat pengaruh antara grit terhadap prestasi akademik. Peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya bisa lebih memperhatikan data yang diambil dalam proses pengambilan data hendaknya mengambil data itu harus sejalan atau terbaru. Peneliti selanjutnya dapat meneliti faktor lain, seperti prokrastinasi akademik dan stres akademik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI