DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE BERCERITA DAN MODEL TALKING STICK MELALUI MEDIA PAPAN CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B TK NUSA INDAH ALALAK
PENGARANG:RUMINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-15


Rumina. 2023. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Menggunakan 

Kombinasi Metode Bercerita dan Model Talking Stick Melalui 

Media Papan Cerita Bergambar Pada Kelompok B TK Nusa 

Indah Alalak. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan 

Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 

Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. 

Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi., M.Pd

Kata kunci: Bahasa Reseptif, Bercerita, Talking Stick, Papan Cerita Bergambar

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan bahasa 

reseptif anak dalam menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosa kata 

yang lebih masih rendah. Upaya dalam menyelesaikan masalah tersebut 

menggunakan kombinasi metode bercerita, model talking stick, dan media papan 

cerita bergambar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, 

mendeskripsikan aktivitas belajar anak, dan menganalisis apakah ada peningkatan 

kemampuan bahasa reseptif anak. 

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis 

penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini 

dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah anak 

kelompok B TK Nusa Indah Alalak dengan jumlah 15 orang anak. Data kualitatif 

diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru,

aktivitas anak, dan lembar hasil capaian perkembangan bahasa reseptif anak 

berserta rubrik penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pertemuan mengalami 

peningkatan Pada aktivitas guru pertemuan I mendapat skor 22 dengan kriteria 

baik, pertemuan II mendapat skor 25 dengan kriteria sangat baik, dan pertemuan 

III mendapat skor 28 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pertemuan I 

dengan persentase 53,33% kriteria cukup aktif, pertemuan II dengan persentase 

79,99% kriteria aktif, dan pertemuan III dengan persentase 99,99% kriteria sangat 

aktif. Hasil perkembangan bahasa reseptif anak pada pertemuan I dengan 

persentase 40% kriteria belum berkembang, pertemuan II dengan persentase 67% 

kriteria mulai berkembang, dan pada pertemuan III dengan persentase 100% 

kriteria berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan 

bahwa kegiatan dalam meningkatkan bahasa reseptif anak menggunakan 

kombinasi metode bercerita dan model talking stick melalui media papan cerita 

bergambar berhasil meningkat. Disarankan penggunaan kombinasi metode 

bercerita dan model talking stick dan media papan cerita bergambar sebagai 

referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan bahasa 

reseptif lebih baik. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI