DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN ACADEMIC HARDINESS ANTARA MAHASISWA AKTIF ORGANISASI DENGAN MAHASISWA TIDAK AKTIF ORGANISASI PADA ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:HIDAYATUR RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-15


Hidayatur Rahman. 2023. Perbedaan Academic Hardiness Antara Mahasiswa Aktif Organisasi dengan Mahasiswa Tidak Aktif Organisasi pada Angkatan 2020 FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Muhammad Arsyad, M. Psi., Psikolog. (II) Hendro Yulius Suryo Putro, S.Pd., M.Psi.

Kata Kunci: Academic Hardiness, Mahasiswa, Organisasi

Academic hardiness merupakan suatu karakteristik kepribadian yang memiliki daya tahan dan kekuatan akademik untuk menghadapi kejadian-kejadian yang menekan di dalam diri,  terdapat tiga aspek academic hardiness, seperti control, commitment, dan challange. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis perbedaan academic hardiness pada mahasiswa aktif organisasi dengan mahasiswa tidak aktif organisasi pada angkatan 2020 FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Pengumpulan data menggunakan instumen angket academic hardiness dengan skala Likert. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 322 mahasiswa angkatan 2020 FKIP ULM. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan paired sample t-Test.

Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai sig (2-failed) 0.024 < 0.05. Maka hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan academic hardiness antara mahasiswa aktif organisasi dengan mahasiswa tidak aktif organisasi pada angkatan 2020 FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI