DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROPERTI (PROBLEM BASED LEARNING, COOPERATIVE SCRIPT, DAN TALKING STICK) KELAS 4 SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ANNISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-16


Annisah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PROPERTI (Problem Based Learning, Cooperative Script, dan Talking Stick) Kelas 4 SDN Kuin Selatan 1. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Drs. H. Ramadi, M.Pd

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Problem Based Learning, Cooperative Script, dan Talking Stick.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya keterampilan berbicara dan Aktivitas belajar siswa yang mempengaruhi kurangnya hasil belajar siswa pada muatan bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena Proses pembelajaran cenderung terjadi secara satu arah, kurangnya Komunikasi siswa dengan siswa lain, sikap dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran berbicara rendah, serta pembelajaran yang tidak menggunakan variasi dalam model atau metode mengajar sehingga siswa menjadi kurang antusias. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan kombinasi Model Pembelajaran PROPERTI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar serta keterampilan Berbicara siswa saat pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA semester genap SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta keterampilan siswa dalam berbicara. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik diinterpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan mengalami peningkatan mencapai kategori sangat baik yaitu dalam persentase 100%. Aktivitas siswa pada setiap pertemuan mengalami peningkatan mencapai kategori sangat aktif yaitu dalam persentase 92%. Begitu pula hasil belajar siswa yang mencakup Kognitif, afektif, serta Psikomotor (Keterampilan berbicara) pada setiap pertemuan mengalami peningkatan sampai pada kategori tuntas dalam persentase Klasikal mencapai 95%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Pembelajaran PROPERTI (Problem Based Learning, Cooperative Script, dan Talking Stick) dapat dapat meningkatkan hasil belajar dan Keterampilan Berbicara Siswa di kelas 4 SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin sehingga hipotesis dapat diterima. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan Keterampilan berbicara siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI