DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, BERTUKAR PASANGAN & CROSSWORD PUZZLE MUATAN IPS DI SDN ASAM-ASAM 8
PENGARANG:AKHMAD MUTTAQIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-16


Permasalahan pada penelitian terletak pada minimnya aktivitas siswa dan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS dengan Tema 6 Panas dan perpindahannya. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan kombinasi model problem based learning, bertukar pasangan& crossword puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa yang berpengaruh pada hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Asam-asam 8 yang berjumlah 20 orang siswa disemester II tahun ajaran 2022/2023. Data di analisis secara kualitatif melalui observasi yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa kemudian di analisis data kuantitatif untuk hasil belajar siswa melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Data di analisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan “Sangat Baik” dengan persentase pelaksanaan langkah-langkah 100%. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 25% dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar kognitif siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 35% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model problem based learning, bertukar pasangan& crossword puzzle dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa yang juga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI