DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS 5 SD ISLAM RAHMATILLAH BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD QASTALANI IMAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-16


ABSTRAK

Imawan, Muhammad Qastalani. 2023. meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa  pada muatan IPA dengan menggunakan kombinasi model problem based learning, contextual teaching and learning  dan numbered head together di kelas V SD Islam Rahmatillah Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, aktivitas, Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning  dan Numbered Head Together

Permasalahan dalam penelitan adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Islam Rahmatillah Banjarmasin. Hal ini disebabkan karena guru yang hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media ataupun mengkombinasi model. Melalui model Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning  dan Numbered Head Together merupakan alternatif solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V semester genap SD Islam Rahmatillah  tahun pelajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 8 orang. Pengumpulan data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.      

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 14, pertemuan II mendapat skor 16, pertemuan III mendapat skor 19, dan pertemuan IV mendapat skor 21. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 62.5%, pertemuan II memperoleh presentase 75%, pertemuan III memperoleh presentase 87.5% dan IV memperoleh presentase 100%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh persentase 62.5% pertemuan II memperoleh persentase 75%, pertemuan III memperoleh mencapai 87.5% dan pada pertemuan IV mencapai 100.00% secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning  dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa,. Adapun saran yang dapat diberikan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi ataupun alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan IPA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI