DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM EKSPLORASI DAN MENYELIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 38 BANJARMASIN
PENGARANG:AISYA RIZQIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-16


Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya aspek kognitif dalam pembelajaran eksploratif dan menyelidik. Hal ini disebabkan pembelajaran yang diajarkan belum menyenangkan, anak belum terarah dalam mengikuti pembelajaran yang bersifat eksploratif dan menyelidik, dan hasil perkembangan yang didapati anak belum maksimal. Solusinya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran project based learning karena pembelajaran yang kurang menarik dapat diganti pembelajaran berbasis proyek dalam mengikuti pembelajaran dengan suasana menyenangkan dan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan kognitif anak.

Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 3 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 38 Banjarmasin yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Analisis data menggunakan teknik distribusi, frekuensi, persentase, dan deskripsi. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak secara individual mencapai kriteria “Sangat Aktif” atau secara klasikal mencapai kriteria “Hampir Seluruh Anak Aktif” dan hasil perkembangan anak berhasil berkembang minimal Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak secara individual mencapai kriteria “Sangat Aktif” atau secara klasikal “Hampir Seluruh Anak Aktif” dan hasil perkembangan kognitif anak dalam eksplorasi dan menyelidik mencapai Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Eksplorasi dan Menyelidik Menggunakan Model Project Based Learning Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 38 Banjarmasin Berkembang Sangat Baik (BSB). Disarankan penggunaan model project based learning tersebut sebagai salah satu alternatif dalam pengembangan aspek kognitif khususnya dalam kegiatan eksplorasi dan menyelidik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI