DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING,THINK PAIR SHARE DAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN DI KELAS IV SDN TELUK DALAM 11 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-16


Rizaldi, Muhammad. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Problem BasedLearning,ThinkPairShare,danNumberedHeadsTogetherUntukMeningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PKN DiKelas4SDNTelukDalam11Banjarmasin.SkripsiProgramStudiPendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika PuspitaWidyaRini,M.Pd.

KataKunci:Aktivitas,HasilBelajar,ProblemBasedLearning,ThinkPairShare,danNumberedHeadsTogether

 

Prosespembelajaranyangdiberikanguruselamainicenderunghanyamenggunakan metode ceramah dan pembelajaran masih bersifat satu arah, kurangaktifnyaperansiswasertaaktivitassiswa,danpenggunaanmediasaatpembelajaranmasihminim.Haliniberpengaruhpadakurangnyaaktivitassiswadanhasilbelajarsiswa kelas IV SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin. Melalui model Problem BasedLearning,Think Pair Share,dan Numbered HeadsTogetheryangmerupakanalternatifsolusipemecahanmasalah.Tujuandaripenelitianiniuntukmeningkatkanketerampilantoleransidanhasilbelajarsiswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PenelitianTindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV semestergenapSDNTelukDalam11Banjarmasin,jumlahsiswasebanyak7orang.Pengumpulandataaktivitasguru,aktivitassiswadiperolehmelaluilembarobservasi, dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu. Analisis datadalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengantabel,grafikdaninterpretasidenganpersentase.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mendapatskor 24, pertemua II mendapat skor 26, pertemuan IIImendapat skor 30 danpertemuan IV mendapatskor 32. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperolehpersentase71%,pertemuanIImemperolehpersentase79%,pertemuanIIImemperolehpersentase86%danIVmemperolehpersentase93%.Adapunketerampilan toleransi siswa pada pertemuan I hasil keterampilan toleransi siswapadapertemuanImemperolehpersentase63%,pertemuanIImemperolehpersentase 75%, pertemuan III memperoleh persentase 81% dan pertemuan IVmemperolehpersentase94%secaraklasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Numbered Heads Together dapat meningkatkab aktivitas siswa dan hasil belajae siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI