DIGITAL LIBRARY



JUDUL:JOB INSECURITY PT. PLN (PERSERO) CABANG BANJARMASIN (STUDI FENOMENOLOGI SCHUTZ PADA KARYAWAN OUTSOURCING)
PENGARANG:NOVIE HADIKUSUMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-18


ABSTRAK

Novie Hadi Kusuma. (2023). Job Insecurity PT. PLN (PERSERO) Cabang Banjarmasin (Studi Fenomenologi Schutz Pada Karyawan Outsourcing). Pembimbing: Abdurrahman Sadikin.

 

Penelitian ini dilakukan di PT. PLN (PERSERO) Cabang Banjarmasin, dan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) Untuk mengetahui yang menyebabkan munculnya Job Insecurity pada karywan outsourcing PT PLN (Persero) cabang Banjarmasin. 2) Untuk mengetahui karyawan outsourcing PT PLN (Persero) cabang Banjarmasin menyikapi Job insecurity. 3) Untuk mengetahui motiv sebab pada karyawan outsourcing PT PLN (Persero) cabang Banjarmasin dalam memandang job insecurity. 4) Untuk mengetahui motiv manfaat pada karyawan outsourcing PT PLN (Persero) cabang Banjarmasin dalam memandang job insecurity

Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah karyawan dan pimpinan dan karyawan PT PLN (Persero) cabang Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dengan 3 informan, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama bahwa penyebab munculnya job insecurity pada karywan outsourcing PT PLN (Persero) cabang Banjarmasin.  penanganan dampak job insecurity dapat menjadi sumber informasi bagi employer dan employee, di dalam memahami serta menjalankan hubungan ketenagakerjaan di antara mereka. Kedua Sikap karyawan outsourcing PT PLN (Persero) cabang Banjarmasin dalam memandang job insecurity, mereka memiliki pandangan nagatif karena kemungkinan mereka menjadi pekerja tetap masih kurang pada diri mereka sehingga membuat merek dalam bekerja sesuai yang dikerjakan bukan menambah pekerjaan untuk kemajuan dari perusahaan. Kedua motiv sebab karyawan outsourcing PT PLN (Persero) cabang Banjarmasin dalam memandang job insecurity dilihat dari masalah ketakutan ini berakibat mereka mempertahankan pekerjaan dari segi mendekati pimpinan agar mereka tetap dipertahankan dalam pekerajaan dihargai pekerjaan mereka. Ketiga motiv manfaat pada karyawan outsourcing PT PLN (Persero) cabang Banjarmasin dalam memandang job insecurity, usaha mereka kerjakan adalah bekerja sesuai dengan prosedur dan berusaha mendekati atasan yang mengambil keputusan pemutusan kerja karena mereka tenaga outsourcing atau kontrak karena mereka merasakan bisa diputuskan kerja kapanpun. 

 

Kata kunci: Job InsecurityFenomenologi Schutz

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI