DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS DAN ASPEK MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CERIA ASIK DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 37 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI ANITA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-18


ABSTRAK

 

Rahmah, Siti Anita. 2023.”Mengembangkan Aktivitas dan Aspek Motorik HalusAnak Menggunakan Kombinasi Model Ceria Asik Di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin”. Skripsi, Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Motorik Halus, Model Picture and Picture, Explicit Instruction, Pemberian Tugas, Media kertas origami dan papan kreasi.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada Aktivitas dan Aspek Motorik Halus anak dalam kegiatan melipat kertas yang masih tergolong rendah. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang di berikan dalam kegiatan melipat kertas kurang menarik, pembelajaran yang berjalan satu arah,anak tidak diberi waktu yang cukup untuk berlatih, dan kurangnya kegiatan dalam menstimulasi keterampilan motorik halus anak yang berada di kelompok BTK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model CERIA ASIK (Picture and Picture, Explicit Instruction, Pemberian Tugas, dengan Media kertas origami dan papan kreasi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan menganalisis peningkatan dalam pengembangan motorik halus anak dengan kombinasi model CERIA ASIK (Picture and Picture, Explicit Instruction, Pemberian Tugas, dengan Media kertas origami dan papan kreasi).

 

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang 4 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin yang berjumlah 16 anak. Jenis data menggunakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta penilaian pengembangan motorik halus anak dengan lembar observasi dan rubrik. Analisis data secara deskriptif menggunakan tabel dan grafik dengan lembar observasi. Indikator keberhasilannya yaitu aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Sangat Aktif” dan hasil perkembangan anak mencapai kategori “Berkembang Sangat Baik”.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa kombinasi model CERIA ASIK (Picture and Picture, Explicit Instruction, Pemberian Tugas, dengan Media kertas origami dan papan kreasi) pada pertemuan ke-1 aktivitas guru mendapatkan skor 20 dengan kriteria baik dan pada pertemuan ke-4 guru telah melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran dengan memperoleh kriteria sangat baik dan mendapatkan skor 27. Aktivitas anak pada pertemuan ke-4 memperoleh nilai 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Pada hasil capaian perkembangan motorik halus anak pada pertemuan ke-4 dengan persentase 100% dapat dikatakan telah berhasil berkembang dengan kriteria Berkembang Sangat Baik.

 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulankan bahwa kombinasi model CERIA ASIK (Picture and Picture, Explicit Instruction, Pemberian Tugas, dengan Media kertas origami dan papan kreasi) dapat mengembangkan motorik halus anak dengan sangat baik dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk alternatif dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan motorik halus anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI