DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI NEGERI DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Yessi Agustin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-18


 

Kinerja adalah suatu prestasi kerja atau hasil kerja seseorang berdasarkan kualitas yang dicapainya dalam melaksanakan tanggung jawab yang diterima. Kinerja guru adalah faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan. Faktor yang memperngaruhi kinerja antara lain: kepemimpinan transformasionalkepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri Kota Banjarmasin.

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru SMK Negeri Kota Banjarmasin dengan jumlah guru 342 orang, dan ukuran sampel ditentukan dengan tabel Issac & Michael sebanyak 184 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebarluaskan secara online kepada sampel melalui sebuah link googleform. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Window Version 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) disiplin kerja terhadap kinerja guru, (4)kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja, (5) motivasi kerja terhadap disiplin kerja, (6) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja, (7) motivasi kerja terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja.

Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini dapat disarankan beberapa hal seperti: (1) Guru sebagai pendidik hendakknya lebih aktif dan kreatif sebagai upaya meningkatkan kinerja guru, (2) kepala sekolah hendaknya memberikan dorongan semangat terhadap upaya yang bersifat positif sehingga bisa meningkatkan motivasi kerja guru dalam bekerja, (3) lembaga pendidikan hendaknya memberi kesempatan para guru untuk mengembangkan diri, (4) penelitian ini hendaknya dapat diguakan sebagai rujukan dan referensi untuk melakukan penelitian yang masih berkaitan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI